Menu ini digunakan untuk pengaturan hak akses dari setiap user. Sebelum anda membuat user, pastikan anda sudah membuat hak akses/role. Pada menu ini digunakan untuk mengatur menu apa saja yang dapat diakses oleh user dan fitur apa saja yang bisa dilakukan misalnya, dapat mencetak, mengunpost, memposting, membuat data baru atau lain-lain. Untuk mengakses menu ini anda dapat mengklik menu System -> Roles seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah anda mengklik menu roles maka program akan menampilkan daftar roles yang sudah terdaftarkan pada program seperti pada gambar di bawah ini.

Secara default program sudah terdapat role Super User. Role ini dapat melakukan apapun dan dapat melihat semua menu yang ada pada program. Jika anda ingin membuat role baru yang dibatasi akses nya, maka anda dapat mengklik tombol New Role dan program akan menampilkan form penginputan seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah 1 adalah anda mengisikan dahulu role name misalnya Admin Jual setelah itu anda dapat mengklik save dahulu agar data role tersimpan

Langkah 2 adalah anda buka kembali data role yang sudah tersimpan dengan cara mengklik Role Namenya dan program akan kembali membuka form hak akses seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah ke 3 : setelah terbuka kembali form hak aksesnya, maka anda dapat memberikan hak ases pada role tersebut dengan cara mengklik menu-menu yang terdapat pada kolom Available Menu, misalkan anda ingin mengaktifkan menu Faktur Penjualan (AR Invoice) maka anda dapat mengscroll ke bawah dan cari AR Invoice.

Langkah ke 4 :Lalu anda klik 2x pada menu AR Invoice yang berwarna biru, dan otomastis menu yang anda klik akan berpindah ke menu Allowed Menu seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah ke 5: apabila anda ingin membatasi akses pada menu AR Invoice tersebut maka pada bagian Allowed Menu untuk AR Invoicenya di klik 1x, dan nanti pada bagian Allowed Action (Akses yang diijinkan) akan menampilkan akses apa saja yang terdapat pada AR Invoice seperti pada gambari di bawah ini.

Langkah ke 6 : Jika anda ingin membatasi akses user, misalnya untuk role admin jual dia tidak bisa mengunpost data, maka anda dapat mematikan ceklist pada unpostnya.

Jika anda ingin menambah lagi menu-menu yang ingin diakses, maka anda dapat mengklik 2x lagi pada available menu dan setting kembali allowed actionnya.

Lalu setelah itu anda dapat mengklik save agar data role tersebut terupdate untuk akses datanya dan data roles tersebut dapat digunakan untuk pendaftaran user.