Menu ini digunakan untuk menampilakan dan mendaftarkan semua nama pelanggan yang ada di perusahaan anda. Untuk akses menu ini dapat anda temukan di menu Account Receivable -> Master -> Customers

Setelah anda menekan menu customers maka program akan menampilkan daftar customer yang terdapat di program seperti pada gambar di bawah ini.

Jika anda ingin menambah data customer maka anda dapat menekan tombol New Customer dan program akan membuka form inputan untuk data customer seperti di bawah ini.

Setelah terbuka form customernya maka anda dapat mengisikan Cutomer Name (Nama Pelanggan) yang ingin anda daftarkan.

Pada gambar di atas anda sedang berada pada Tab General yang berisi tentang data diri umum dari pelanggan seperti address, birth date (tanggal lahir), city (kota), state (provinsi), country (negara), contact person, phone (nomer telepon), email, fax, dan postal code. Informasi pada tab general ini tidak wajib diisi semua, teteapi informasi penting saja yang anda perlukan yang anda isikan ke dalam program.

Lalu ada Tab Sales pada form ini. Tab sales ini digunakan untuk mengatur pelanggan yang anda daftarkan untuk :

  • Pricelist : diisi dengan pelanggan ini menggunakan settingan harga pricelist / harga apa.
  • Customer Type (Jenis Pelanggan) : diisi dengan jenis pelanggan apa yang anda inginkan jika memang anda ada pengelompokan jenis pelanggan.
  • Customer Group (Kelompok Pelanggan) : diisi dengan kelompok pelanggan apa yang anda inginkan untuk customer yang anda daftarkan.
  • Payment Days : diisi dengan termin pembayaran.
  • Tax1 (Pajak 1) : diisi untuk settingan pajak apa yang dikenakan ke pelanggan ketika terjadi penjualan, misal nya PPN
  • Tax2 (Pajak 2) : diisi untuk settingan pajak kedua apa yang akan dikenakan ke pelanggan ketika terjadi penjualan, misalnya PPH23.

Jika semua data pelanggan sudah dirasa lengkap maka anda dapat mengklik tombol Save (Simpan) agar data pelanggan anda dapat tersimpan.