Pemindahan Asset (Asset Move)

Menu ini digunakan untuk melakukan perpindahan asset dari 1 lokasi ke lokasi lain. Misalnya anda memiliki asset Laptop Asus yang pada awalnya diletakkan di gudang, lalu anda ingin memindahkan lokasinya ke office, maka anda dapat menggunakan menu ini. Untuk mengakses menu ini anda dapat mengklik menu Fixed Assets -> Transaction -> Asset Movements seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah anda mengklik menu asset movements, maka program akan menampilkan form daftar inputan seperti pada gambar di bawah ini.

Apabila anda ingin melakukan pemindahan asset, maka anda dapat mengklik tombol New Asset Movement dan program akan menampilkan form penginputan data seperti pada gambar di bawah ini.

Lalu anda dapat mengisikan kolom-kolom seperti :

  • Company : diisi dengan nama perusahaan/company yang melakukan pemindahan lokasi
  • Movement Date : diisi dengan tanggal kapan asset tersebut dipindahkan
  • Source Location : diisi dengan sumber lokasi awal asset tersebut berada
  • Destination Location : diisi dengan tujuan lokasi dipindahkannya asset tersebut
  • Description : diisi dengan keterangan mengapa pemindahan lokasi asset tersebut dilakukan

Jika sudah maka anda dapat memasukkan asset apa yang ingin anda masukkan dengan cara mengklik tombol Select Fixed Asset dan program akan menampilkan form pencarian asset seperti di bawah ini.

Lalu anda dapat mencari asset pada kolom asset dan masukkan berapa banyak asset yang dipindahkan pada kolom quantity. Setelah itu anda dapat mengklik tombol save & close agar data asset tersebut masuk ke daftar asset movement seperti pada gambar di bawah ini.

Jika semua data sudah terisi, maka anda dapat mengklik tombol post agar data tersebut tersimpan dan tercatat perpindahan lokasinya.