Kasir / Point of Sales adalah suatu sistem yang digunakan oleh berbagai macam usaha ritel untuk menyelesaikan transaksi jual beli. Biasanya pos atau kasir ini digunakan untuk usaha retail seperti restoran, penjualan barang dagangan dll. Menu POS/kasir ini hanya dapat digunakan untuk mencatat transaksi penjualan saja, dan anda dapat mencetak nota/bill/bon dari menu ini. Jika anda memiliki mesin cash drawer, anda dapat mengkonekkannya dengan program ini. Untuk mengakses menu ini anda dapat mengklik menu Sales -> Transaction -> Point Of Sales seperti pada gambar di bawah

Setelah anda mengklik menu Point Of Sales, maka program akan membuka control panel dari menu Point Of Sales seperti pada gambar di bawah ini.

Untuk kasir/pos ini, anda diwajibkan untuk melakukan open session (buka toko) ketika anda membuka toko pada pagi hari/pada jam buka usaha dan clossing session (tutup toko) ketika anda ingin menutup toko/pada jam tutup toko. Untuk membuka sesi kasir anda dapat menekan tombol Open POS Session dan program akan mengkonrimasi apakah anda ingin membuka sesi atau tidak seperti pada gambar di bawah ini.

Jika ingin membuka sesi, anda dapat menekan tombol Yes, dan program akan membuka sesi anda seperti pada gambar di bawah ini.

Untuk menginputkan data penjualan yang baru, anda dapat mengklik tombol Start POS Transaction dan program akan membuka form inputan pos/kasir seperti pada gambar di bawah ini.

Penjelasan menu POS :

  • Non Member : anda dapat memilih ini jika pelanggan yang membeli ke kasir/pos ada pelanggan yang non member
  • Select Member : jika anda memiliki sistem member pada POS, maka anda dapat memilih select member dan anda dapat memasukka kode member dari pelanggan anda.
  • Hold : fungsi tombol ini untuk melakukan penangguhan/pending data penjualan
  • Recall : fungsi tombol ini digunakan untuk memanggil transaksi yang anda hold/pending
  • History : untuk melihat history transaksi penjualan yang sudah anda input di POS
  • POS Home : untk kembali ke halaman utama dashboard/control panel POS

Setelah itu untuk memasukkan item yang akan dijual, anda dapat melakukannya dengan scan barcode atau dengan cara menekan tombol search item lalu program akan membuka form pencarian barang seperti pada gambar di bawah ini.

Lalu anda dapat mengisikan kolom-kolom seperti:

  • Item : isikan sesuai dengan nama item yang akan anda jual misal nya kacang kulit
  • Qty : diisi sesuai dengan berapa quantity barang yang akan jual, misanya 12 bungkus
  • Uom : kolom ini berisi pilihan satuan barang yang akan anda jual, misal nya bungkus, tabung, lusin, pcs dll
  • Unit Price : untuk harga jual akan terisi otomasti apabila anda sudah mensetting harga jual pada pricelist

Setelah itu anda dapat menekan tombol save agar item yang anda cari masuk ke dalam list/daftar item pos/kasir seperti pada gambar di bawah ini.

Jika anda ingin menambah item lagi, anda dapat mengklik lagi tombol search item, dan lakukan kembali pencarian item dan quantity yang ingin anda jual.

Setelah itu anda dapat menekan tombol Pay Invoice jika anda ingin melakukan pembayaran terhadap nota atau bon tersebut.

Setelah anda menekan tombol pay invoice, maka program akan menampilkan form pembayaran. Lalu anda dapat mengisikan kolom-kolom seperti:

  • Payment Method : diisi sesuai dengan pelanggan anda membayar kemana, apakah cash atau via transfer bank
  • Payment Amount : diisi sesuai dengan jumlah uang yang dibayarkan oleh pelanggan kepada anda
  • Change Amount : kolom ini akan menampilkan uang kembalian yang akan dibayarkan kepada pelangan sesuai dengan selisih payment amount dan total invoice/nota.

JIka semua kolom sudah terisi dengan benar, maka anda dapat menekan tombol Finish Payment

Ketika anda sudah menekan tombol finish payment, maka akan ada konfirmasi,jika sudah yakin anda dapat menekan tombol Yes.

Jika anda sudah melakukan payment, maka tombol print/cetak akan tampil. Untuk mencetak, anda dapat menekan tombol Print, dan program akan mempilkan print preview seperti pada gambar di bawah ini.

Lalu anda dapat memilih printer mana yang akan anda gunakan, dan tekan tombol print untuk mencetak bill/nota/fakturnya.

Ketika anda sudah mencetak bill/nota/bon yang tadi, anda dapat menekan tombol New Transaction untuk menginputkan data kasir/pos yang baru.

Setelah anda menekan tombol New Transaction, maka tampilan POS akan terclear dan anda dapat memasukkan nama barang yang akan dibeli oleh pelanggan selanjutnya.

Histori Transaksi

Untuk melihat histori transaksi pada POS, anda dapat menekan tombol History seperti pada gambar di bawah ini.

Ketika anda sudah menekan tombol history, maka program akan menampilkan form history transaksi yang dilakukan oleh kasir seperti pada gambar di bawah ini.

Jika anda ingin melihat detail invoice pos/kasir, anda dapat mengklik invoice no, dan program akan menampilkan kembali transaksi yang sudah dibuat oleh kasir/pos seperti pada gambar di bawah ini.

CLOSING SESSION

Jika anda ingin mengakhiri sesi pos/kasir, anda dapat menekan tombol POS Home seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah anda menekan tombol POS Home, maka program akan kembali ke menu dashboard/control panel POS/kasir seperti pada gambar di bawah ini.

Lalu anda dapat menekan tombol Close Cashier Session, dan program akan memberikan konfirmasi, apakah anda ingin benar-benar mengakhiri sesi kasir/pos anda seperti pada gambar di bawah ini.

Anda dapat menekan tombol Yes untuk mengakhiri sesi kasir anda.

Jika berhasil, maka sesi kasir/pos anda sudah terclosed seperti pada gambar di atas.